top of page
  • Writer's pictureAdmin

Tips Mencegah Gelembung Muncul Saat Pemasangan HPL!

Updated: Sep 8, 2023


Persiapan Permukaan:

Pastikan permukaan yang akan dilaminasi dengan HPL bersih, rata, kering, dan bebas dari debu, kotoran, atau partikel-partikel kecil lainnya. Bersihkan permukaan dengan seksama sebelum memulai pemasangan.


Pemilihan Alat yang Tepat:

Gunakan alat-alat yang tepat, seperti spatula dan roller, yang dirancang khusus untuk aplikasi laminasi. Ini membantu dalam menekan HPL dengan merata.


Lem yang Sesuai:

Gunakan lem laminasi yang direkomendasikan oleh produsen HPL Anda. Pastikan lem tersebut sesuai dengan jenis HPL yang akan Anda pasang. Lem APE sangat cocok untuk segala jenis HPL.


Pengolesan Lem:

Oleskan Lem APE (direkomendasikan) secara merata dan tipis pada kedua permukaan yang akan dilaminasi, yaitu permukaan HPL dan permukaan substrat (biasanya kayu lapis atau bahan lainnya). Jangan mengoleskan terlalu banyak lem, karena ini dapat menyebabkan gelembung.


Teknik Pemasangan:

Letakkan HPL pada satu ujung permukaan yang akan ditempel, biasanya dengan sudut miring sekitar 45 derajat.

Tekan HPL secara perlahan ke permukaan, mulai dari sudut yang sudah ditempel. Pastikan untuk menghindari pembentukan gelembung udara saat Anda menekan HPL.


Penghilangan Gelembung:

Jika Anda melihat adanya gelembung udara yang terjebak di bawah HPL, segera perbaiki dengan hati-hati. Ini dapat dilakukan dengan mengangkat sebagian HPL dari permukaan dan secara perlahan menekannya kembali, mengusir gelembung udara saat Anda melakukannya.


Penekanan Merata:

Setelah HPL ditempelkan dengan baik, gunakan roller laminasi atau alat serupa untuk memberikan tekanan merata ke seluruh permukaan HPL. Ini membantu menjepit HPL dengan substrat dan menghilangkan sisa-sisa udara yang mungkin tertinggal.


Pengeringan:

Biarkan lem mengering sesuai dengan instruksi. Pengeringan yang tepat sangat penting untuk memastikan pemasangan yang kuat.


Suhu dan Kelembaban:

Pastikan suhu dan kelembaban di ruangan sesuai dengan rekomendasi produsen HPL dan lem. Perubahan suhu atau kelembaban yang ekstrem dapat memengaruhi hasil pemasangan. Tapi Lem APE memiliki kemampuan khusus untuk tetap konsisten di segala kondisi cuaca apapun.


Praktikkan Terlebih Dahulu:

Jika Anda masih merasa kurang yakin, cobalah teknik pemasangan pada potongan kecil HPL atau sampel terlebih dahulu sebelum melanjutkan ke pemasangan utama.


Dengan mengikuti langkah-langkah ini secara teliti dan berhati-hati, Anda dapat meningkatkan kemungkinan bahwa HPL akan terpasang tanpa gelembung, menghasilkan hasil yang rapi dan tahan lama.






Tags:

5 views0 comments

Comments

Rated 0 out of 5 stars.
No ratings yet

Add a rating
bottom of page